cs@digiFRAME.biz.id 0855-994-7474 | 0813-1821-7680
Tips BALIK MODAL Pasca Resepsi Pernikahan
March 1, 2017
0

Udah siap menikah berarti kamu harus siap juga dana yang akan di keluarkan untuk pernikahanmu. Tidak sedikit biayanya, kisaran puluhan juta hingga ratusan juta rupiah yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan sebuah pernikahan. Tentu melihat biaya begitu banyak di keluarkan , secara otomatis kamu pasti akan memangkas biaya-biaya yang over budget dengan mengganti produksi / kebutuhan lain yang lebih ekonomis. Tapi apakah hal itu sudah maksimal dalam memangkas biaya bahkan dapat Balik Modal pasca Resepsi Pernikahan?

digiFRAME.biz.id mau memberikan nih tips gimana caranya untuk balik modal dari dana yang sudah di keluarkan untuk resepsi pernikahan, yuk simak!

f-01

Memang pilihan untuk pakai jasa Wedding Organizer sangat mambantu kamu mengurus segala persiapan dari hal kecil hingga besar , namun kamu harus siapkan budget lebih untuk membayar jasa WO itu sendiri dan biaya WO yang di tawarkan tergantung dengan konsep pernikahan kamu. Paket WO untuk pernikahan rumahan berkisar mulai dari Rp 9,5 juta hingga 31 juta. Sedangkan paket pernikahan di gedung dibanderol dengan harga mulai Rp 28 juta hingga Rp 100 jutaan.

Ada pilihan lain untuk memangkas biaya, yaitu jadi WO sendiri. Kamu bisa menggunakan tenaga dari keluarga, kerabat dan sahabat kamu untuk mengambil alih tugas-tugas yang sulit kamu kerjakan sendiri, khususnya pada hari H , seperti MC, penerima tamu, pengatur alur acara, penanggung jawab uang cash untuk biaya jasa. Jangan sungkan meminta tolong mereka, karena mereka pasti tidak akan keberatan untuk membantu hari bahagia kamu , kamu cukup undang mereka pasca resepsi untuk makan malam , karena kebanyakan kerabat, keluarga, dan sahabat tidak terlalu memikirkan tanda kasih (uang) apa yang mereka terima, melainkan mereka sangat senang jika mereka di hargai keberadaannya di saat moment bahagia kamu 🙂

tips-02

Jika kamu ingin konsep pernikahan yang simple , pastikan kamu juga menekan budget dari kebutuhan seragam yang cukup over budget. Caranya mudah, konsep pernikahan yang simple dan sederhana , pastinya tidak perlu memikirkan banyak orang yang di undang, utamanya cukup keluarga, rekan, dan sahabat yang hadir di resepsi pernikahan. Biasanya selalu ada seragam untuk para keluarga atau sahabat yang ambil peran dalam acara resepsi pernikahan, namun kamu bisa coba dengan sistem dresscode yang cukup general misalkan, untuk keluarga ditentukan dresscode dengan warna putih dan batik, untuk rekan atau sahabat yang ambil peran di resepsi mu bisa ditentukan dresscode putih dan pink, untuk  para undangan sebaiknya kamu tentukan dresscode yang beda dengan dresscode pernikahanmu ya , agar kamu dan pasangan terlihat menonjol dengan warna dresscode yang di pakai. Penentuan dresscode semoga cukup memangkas biaya seragam yang besar apalagi kalau keluarga kamu dan pasangan merupakan keluarga besar , jadi ga salah untuk di coba 🙂

tips-03

Jika kamu sudah memaksimal biaya yang over , hal yang perlu di lakukan adalah mengembalikan sedikit –demi sedikit biaya yang telah keluar. Salah satunya adalah pundi-pundi pengantin. Yap, sudah menjadi kebiasaan yang wajib untuk para undangan yang hadir memberikan amplop untuk pengantin dan di masukan ke pundi-pundi yang berada di meja penerima tamu. Walau tidak banyak uang yang diterima namun cukup mengurangi modal besar yang keluar. Hal penting yang kamu harus lakukan agar pundi-pundi tidak lenyap di bawa keluarga mertua atau hilang ,kamu harus jaga dengan baik. Kamu bisa menunjuk satu orang yang dapat dipercaya untuk menjaga kotak pundi-pundi. Setelah acara, langsung dimasukin ke mobil pengantin, dan kuncinya tetap dipegang oleh orang yang kamu tunjuk. Jadi aman deh, gak was-was.

tips-04

Pernah dengar Ahok datang ke kondangan warganya dan memberikan amplop Rp 2 juta untuk pengantin tersebut ? Yap. Hal baru dan cukup menginspirasi buat kamu yang rencananya menggelar kondangan di rumah apalagi warga Jakarta dan acara di gelar di daerah  Jakarta, tidak hanya jadi moment spesial bisa di datangi oleh publik figure , namun kamu juga mendapatkan amplop dari publik figur tersebut  dengan nominal Rp 2 juta & nominal tersebut sudah masuk anggarannya Pak Ahok, menarik bukan?

Tapi jika kamu bukan warga Jakarta dan konsep resepsi di gedung , jangan kecewa , karna kamu bisa undang publik figur seperti artis atau orang-orang yang cukup terkenal ke resepsi pernikahan kamu, apabila resepsi pernikahanmu potensial untuk mengundang artis atau publik figur lainnya, keuntungan yang kamu dapatkan yaitu hal tersebut akan menarik perhatian para media dan khalayak umum untuk hadir di pernikahanmu, atau meningkatkan feed media sosialmu . Lewat hal itu , kamu bisa gunakan kesempatan tersebut untuk alat promosi atau sponsor produk di acara pernikahanmu , tapi kembali lagi jika konsep pernikahan kamu potensial yaa 🙂

tips-05

Kamu seorang blogger atau followers kamu cukup banyak ?jika iya, kamu bisa gunakan sistem endorsement produk-produk kebutuhan pernikahan di media sosial kamu, value yang kamu dapat adalah kamu bisa menerima bayaran dalam bentuk uang tunai atau barang yang kamu endorse kan , menarik bukan? Cara ampuh yang biasanya dipakai oleh para artis misalkan Raffi Ahmad saat pernikahannya yang  lebih banyak menggunakan sistem endorse atau sponsor dari mulai persiapan menuju hari H, saat hari H, hingga pasca Pernikahan , tergantung kesepakatan dengan perusahaannya .

digital signage / sewa led standing display / sewa photo booth selfie / vendor multimedia / sewa modular booth / sewa video wall / sewa interactive white board / vendor wedding 

 

 

Sumber :

http://harga.web.id/wedding-organizer-wo-layanan-dan-biaya.info

https://shintaries.com/perencanaan-resepsi-pernikahan-tanpa-wedding-organizer/

http://yohanalarasati.blogspot.co.id/2013/03/jadi-wedding-organizer-untuk-pernikahan.html