cs@digiFRAME.biz.id 0855-994-7474 | 0813-1821-7680
Langkah-Langkah Cantik Sebelum Memilih Vendor Pernikahan Anda
October 19, 2016
0

           Menuju hari pernikahan baik upacara pernikahan hingga resepsi pernikahan pastinya banyak yang harus disiapkan jauh-jauh hari. Tidak hanya calon pasangan pengantin yang mempersiapkan pernikahannya sendiri namun ada banyak orang yang terlibat untuk mempersiapkan moment pentingnya  hingga acara dapat terealisasikan dengan baik. Orang-orang yang terlibat merupakan orang-orang terdekat calon pengantin seperti keluarga, teman, dan saudara, dan ada juga orang-orang lain sebagai partner acara pernikahan  yang biasanya berasal dri suatu organisasi atau perusahaan yang menawarkan jasanya seperti wedding organizer , vendor catering, vendor dekorasi, vendor wardrobe, vendor, mobil, dan sebagainya.

            Melihat ada banyak vendor pernikahan dengan berbagai pelayanan yang mereka tawarkan sering menjadi hal yang membingungkan bagi calon pengantin dalam memilih vendor pernikahan yang tepat. Memilih vendor secara tepat sebagai partner kerja untuk pernikahan Anda sangat penting , karena Pernikahan hanya terjadi sekali dan moment tersebut akan menjadi kenangan bahagia dalam hidup sehingga orang-orang yang terlibat nantinya dapat membantu Anda merealisasikan hari Pernikahan Anda sesuai harapan Anda . Untuk membantu  Anda memilih vendor Pernikahan yang tepat , mari pelajari langkah-langkah cantik sebelum menentukan pilihan vendor pernikahan Anda :

  1. Kenali Kebutuhan Pernikahan Anda
(http://media.istockphoto.com)
(http://media.istockphoto.com)

            Menjelang pernikahan secara tidak sadar, calon pengantin sering merasa kebutuhan pernikahan semakin banyak dan sering sekali terdapat missed beberapa list kebutuhan yang di lewati . Sebelum hal tersebut terjadi , Calon pengantin perlu fokus dalam mengenali kebutuhan yang prior hingga kebutuhan pelengkap dalam pernikahan dan harus rajin mencatat apa saja kebutuhan-kebutuhan yang di perlukan dalam acara pernikahan mulai dari yang terkecil hingga terbesar . Pada masa persiapan pernikahan yang kurang lebih harus di persiapkan selama 6 bulan , menyicilah apa saja yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan pernikahan Anda. Untuk mempermudah ,cobalah membuat  skala prioritas dalam mempersiapkan pernikahan, juga di ikuti dengan membuat checklist dan time table sehingga waktu dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya. Jika sulit menemukan apa saja kebutuhan dan hal-hal yang harus dipersiapkan, Anda dapat bertanya kepada orang tua, kerabat yang sudah menikah, atau informasi-informasi dari internet, karena dengan cara itu lebih efektif dan efisien sehingga akan mempermudah Anda memilih vendor yang sesuai dengan kebutuhan pernikahan Anda.

Berikut ini, beberapa  kebutuhan logistik yang diperlukan untuk memenuhi pernikahan Anda:

a. Food & beverages

    Tidak hanya mempersiapkan kebutuhan bagi pasangan pengantin, Anda juga harus memikirkan bagaimana menjamu para tamu hingga turut berbahagia menghadiri acara pernikahan Anda, salah satu cara menjamu para undangan melalui makanan dan minuman yang di hidangkan.

     Menjamu seluruh undangan dengan makanan dan minuman harus dipikirkan masalah kualitas dan kuantitasnya. Para tamu undangan sangat senang jika makanan dan minuman yang dihidangkan enak dan sesuai lidah mayoritas dari para undangan yang hadir (jadi harus tau dulu siapa saja yang Anda undang), juga jika undangan telat hadir ,makanan dan minuman harus siap dan tidak boleh kosong  . Lebih baik Anda mempersiapkan pramusaji yang stand by di meja hidangan makanan untuk mengisi kembali makanan atau minuman yang habis . Ingat, kebutuhan makanan dan minuman dihabiskan sebesar 40%-50% dari total budget pernikahan, jadi sebisa mungkin Anda cari vendor makanan/catering yang sesuai dengan budget Anda.

b. Decoration & flowers

     Hal lainnya dalam menjamu tamu undangan melalui suasana pernikahan yang menyenangkan. Pernikahan Anda akan sangat sempurna jika tamu undangan dapat merasakan suasana yang indah dan bahagia. Salah satu cara membuat suasana pernikahan Anda menjadi menyenangkan melalui dekorasi venue pernikahan . Dekorasi pernikahan merupakan komponen yang cukup penting di hari pernikahan. Kembali lagi konsep acara pernikahan yang Anda inginkan seperti apa akan mempengaruhi rancangan dekorasi. Dekorasi pernikahan pastinya tidak jauh-jauh dari bunga, Anda dapat menggunakan berbagai jenis bunga atau salah satu jenis bunga untuk menghiasi venue pernikahan Anda. Selain itu Anda juga dapat menambahkan ornament-ornamen pernikahan yang dapat mempercantik sudut ruangan atau area pernikahan. Untuk memilih vendor yang tepat, pastikan terlebih dahulu konsep pernikahan Anda seperti apa , kemudian Anda dapat memilih dekorasi yang tepat.

c. Bridal attire

   Bridal attire merupakan hal yang berkaitan dengan apa yang dikenakan calon mempelai, mulai dari gaun, perhiasan, sepatu, make up & hair do hingga jas dan tuxedo. Hal terpenting dalam Bridal attire adalah cara memilih vendor barang atau jasa yang tepat dan selaras dengan diri Anda, karena ini merupakan hari pernikahan Anda yang mungkin tidak akan terulang lagi sehingga Anda dan pasangan Anda harus berpenampilan sempurna. Maka, Anda bisa memilih vendor yang tepat dari vendor langganan Anda atau Anda bisa menanyakan rekomendasi dari keluarga dan kerabat Anda sehingga dapat mengurangi banyaknya pilihan vendor yang ada.

d. Ceremony & reception

  Begitupun dengan lokasi, memilih venue pernikahan harus mempertimbangkan ukuran. Ukuran venue menentukan seberapa kemampuan venue itu menampung tamu-tamu undangan dan juga daya tampung parkir kendaraan. Tentukan jenis pernikahan Anda, apakah pernikahan besar atau kecil. Hal ini bergantung pada berapa besar anggaran yang telah ditetapkan. Pilih juga alunan musik yang sesuai dengan tema agar dapat membuat suasana pesta semakin romantis.

e. Photography & videography

   Sangat disayangkan apabila moment pernikahan Anda terjadi begitu saja tanpa diabadikan . Sudah selayaknya moment bahagia dalam Pernikahan Anda di dokumentasikan melalui gambar dan video , sehingga cerita bahagia tersebut dapat kembali di lihat dan di kenang secara utuh. Namun, banyak pasangan pengantin yang melewatkan hal penting ini dengan salah mengambil keputusan.

   Beberapa pasangan pengantin kurang jeli dalam memilih photographer untuk mempercantik gambar dan video prewed dan hari pernikahan Anda . Memilih photographer atau jasa foto lebih baik Anda sesuaikan dengan konsep pernikahan Anda, kemudian Anda cocokan dengan portofolio dari photographer tersebut .

    Melakukan foto prewedding telah dilakukan lalu apa selanjutnya ? apakah foto prewedding yang sangat bagus itu hanya berujung untuk di cetak dan hanya dapat dilihat oleh keluarga saja?

    Tidak ada salahnya jika Anda membagi cerita indah Anda dan pasangan dalam foto prewedding Anda kepada para tamu undangan di hari pernikahan Anda. Tentunya sangat senang jika Pasangan pengantin dapat menampilkan semua hasil foto Prewedding di hari pernikahan dan setiap para undangan dapat melihatnya dan larut dalam suasana pernikahan tersebut. Namun , bagaimana mencari vendor tersebut yang  dapat melayani pasangan pengantin dan vendor foto ?

    Biasanya Vendor foto telah menyiapkan TV Led yang dapat menampilkan foto dan video prewedding Anda. TV Led memiliki kecerahan yang cukup dalam ruangan yang redup sehingga jika Anda memilih ruangan indoor untuk pernikahan Anda , TV Led cukup cocok, Namun bagaimana jika pernikahan Anda di ruang terbuka ? Apakah TV Led dapat support tampilan foto/video Anda dengan hasil yang tetap bagus? Sebenarnyaa bisa, namun kurang maksimal kecerahan yang ditampilkan. Ada cara lain yang dapat Anda pertimbangkan , yaitu menggunakan TV Commercial Grade, fungsinya sama , menampilkan foto/ video Anda dan pasangan. Kelebihan dari TV Commercial Grade ini bisa menampilkan hasil foto/ video sesuai dengan kecerahan dan ketajaman hasil foto kamera dari photographer professional . Kelebihan lainnya , Anda bisa menggunakan TV Commercial Grade di ruangan terbuka (terang) dan tidak mengurangi kecerahan tampilan foto/video Anda. TV Commercial Grade tersebut merupakan produk terbaru dan Anda dapat menemuinya di website ini www.digiframe.biz.id .

Anda sudah mampu memilah-milah vendor yang tepat apabila Anda memahami kebutuhan pernikahan Anda dan pasangan Anda dan tentunya mengatur budget dengan bijaksana.

2. Diskusi Dengan Orang-Orang Yang Expert Atau At Least Yang Sudah Menikah.

(https://s-media-cache-ak0.pinimg.com)
(https://s-media-cache-ak0.pinimg.com)

       Benar sekali pernikahan Anda adalah pengalaman baru untuk Anda dan pasangan, jadi dari mana bekal ilmu dan prakteknya ?

Dulu hingga sekarang informasi semakin mudah didapat , namun cara penyebaran informasi dulu masih dipakai kok, walaupun sekarang sudah era digital.

     Informasi mengenai pernikahan adalah informasi penting sehingga butuh informan yang paham dan pernah mengalami pernikahan yang  dapat membagikan informasi tersebut kepada para calon ppenagntin. Maka dari itu, yang pertama Anda bisa lakukan adalah mencari Informasi tersebut dari keluarga Anda yang sudah menikah. Informasi yang paling banyak di dapat pasti dari mereka.

    Kedua, jangan ragu jika Anda ingin melihat refrensi pernikahan orang lain atau bahkan artis, siapa tau Anda punya ide kreatif untuk melakukan improve pada pernikahan Anda . Maka dari itu, Anda bisa mencari informasi tersebut dari Internet. Banyak komunitas ,forum , dan situs yang membahas mengenai pernikahan  . Setelah Anda mendapat point-point dari kedua informan tersebut, Anda bisa langsung listing kebutuhan dan sesuaikan dengan vendor yang akan ada gunakan nanti sebagai partner Anda.

  1. Buat Anggaran Biaya
(https://s-media-cache-ak0.pinimg.com)
(https://s-media-cache-ak0.pinimg.com)

      Bukan hanya jutaan, sebuah acara pernikahan bisa saja menelan budget hingga puluhan bahkan ratusan juta. Kemudian, bagaimana dengan rencana pernikahan Anda? Apakah besarnya dana menjadi kendala utama yang menghambat niat Anda untuk menikah? Well, tak perlu khawatir dan ragu.

    Banyak cara untuk menggelar pernikahan, bahkan dengan budget yang minim sekalipun, misalkan Anda bisa subtitusikan gedung pernikahan dengn  menggelar pernikahan dirumah, menentukan jumlah undangan  sesuai keputusan bersama dengan pasangan dan keluarga, untuk memangkas pengeluaran Anda dapat membuat undangan kolektif yaitu Anda bisa membuat satu undangan yang ditujukan untuk beberapa orang, kemudian berkaitan dengan isi acara, jika modal yang ada tidak terlalu banyak, Anda bisa membatasi lamanya waktu rangkaian prosesi pernikahan.

  1. Duduk Bareng Sama Keluarga.
(https://secure.surveymonkey.com)
(https://secure.surveymonkey.com)

        Bicaralah dengan jujur tentang anggaran yang Anda dan pasangan miliki. Jangan gengsi untuk meminta bantuan dari keluarga. Misalnya punya kenalan yang bisa di rekomendasikan pihak katering, photographer, pembuat undangan atau lokasi yang bisa memudahkan sekaligus mengirit biaya. Paling tidak ketika kita buntu masih ada keluarga yang bisa memberikan solusi yang mungkin saja bisa membantu kita dan pasangan.